Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Selain terkenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga dapat dikatakan sebagai tempat wisata yang dapat memberikan banyak pengalaman menarik jika kamu kunjungi. Untuk itu, jika kamu hendak menghabiskan waktu liburan bersama teman atau keluarga, bisa mencoba beraneka tempat wisata di kota Yogyakarta ini. Sebagai informasi saja, jika selama ini kamu berfikir tempat yang wajib di kunjungi di Yogyakarta adalah candi borobudur, itu kuranglah tepat karena ada banyak sekali tempat wisata lainnya disini yang pastinya tidak boleh kamu lewatkan jika menginjakan kaki di kota Yogyakarta. Apa saja tempat wisata tersebut, mari ikuti informasi menariknya di bawah ini.

10 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Kamu Kunjungi.

 

1. Jogja Bay Pirates Adventures Waterpark.

Tempat wisata yang sedang buming dan termasuk masih baru di kota Yogyakarta adalah Jogja Bay Pirates Adventures Waterpark. Tempat ini merupakan waterpark terlengkap dan terbesar di Indonesia. Lokasinya berada di sebelah utara stadion Maguwoharjo, yang pastinya sangat mudah untuk kamu temukan.

Di dalam Jogja Bay Pirates Adventures Waterpark ini terdapat beragam wahana air yang siap membuat kamu terkesan. Disini juga terdapat kolam ombak yang bernama South beach yang mempunyai 9 jenis macam ombak.

2. Sindu Kusuma Edupark.

Sindu kusuma edupark merupakan tempat wisata yang masih tergolong baru di kota yogyakarta. Lokasinya mudah di temukan karena berada tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya berada di Jalan Magelang KM 2, Jambon, Sinduadi, Mlati Kabupaten Sleman.

Disini kamu dapat menemukan wahana menarik seperti Ferris Wheel atau bianglala raksasa yang di beri nama Cakra Manggilingan. Tingginya mencapai 4 meter, dalam setiap kabin dapat masuki oleh 4 orang, dan asyiknya saat menaiki bianglala raksasa ini adalah, kamu dapat melihat pemandangan kota Yogyakarta dari atas.

Selain itu disediakan pula wahana lainnya di sini seperti flying fox, sepeda terbang, komidi putar, dino park, cinema 7D, mobil listrik dan masih banyak lagi.

3. Pantai Baron.

Pantai ini terletak di kabupaten Gunung kidul, di desa Kemadang kecamatan Tanjungsari. Dipantai ini sudah banyak disediakan banyak fasilitas mulai dari tempat bermain anak, pasar ikan, warung makan, kios cinderamata, mushola, toilet dan lain sebagainya.

Jika datang ke pantai baron ini, kamu juga dapat singgah ke beberapa pantai lain yang masih berada satu deret dari pantai ini diantaranya pantai Indrayanti, Krakal, Kukup, Sundak, dan Drini.

4. Goa Pindul.

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi jalan-jalan di dalam goa, bisa segera berkunjung ke tempat wisata Goa pindul ini. Didalam goa dipenuhi air yang dalam, sehingga untuk menyusuri goa pindul kamu harus menggunakan beberapa peralatan seperti ban pelampung dan tentunya harus di dampingi oleh pemandu wisata.

Disamping kamu bisa menyusuri goa pindul ini, kamu juga dapat sekaligus menyusuri sungai oya yang terletak derdekatan dengan goa pindul ini.

5. Candi Prambanan.

Lokawisata candi prambanan di Yogyakarta juga harus kamu kunjungi, sebab selain lokasinya mudah dicari, disana kamu akan melihat bangunan megah yang dibangun oleh raja dari Wangsa sanjaya yaitu Raja Balitung Maha Sambu, pada abad ke 9.

Candi prambanan merupakan candi terbesar umat hindu di Indonesia. Disekitar candi prambanan kamu akan menemukan beberapa candi lagi yaitu candi kalasan, candi boko, candi sewu, candi palosan dan candi-candi lainnya.

6. Pusat Kerajinan Perak Kotagede.

Di kota Yogyakarta memang banyak sekali terdapat tempat wisata yang menawarkan oleh-oleh khas Jogya yang bermacam-macam jenisnya. Setiap tempat wisata disini memiliki oleh-oleh sendiri-sendiri, seperti jika kamu berkunjung ke malioboro, pasti kamu akan mendapatkan oleh-oleh berupa baju batik, kaos dagadu dan lain sebagainya, namun jika kamu berwisata ke Bantul, maka kamu bisa membawa oleh-oleh berupa gerabah yaitu kasongan, karena memang di Bantul ini merupakan sentra dari kerajinan gerabah. Dan akan

ada lagi oleh-oleh yang bisa kamu bawa jika kamu pergi ke kotagede, disini kamu bisa menjumpai banyak pedagang yang menjajakan aneka ragam perhiasan perak dan  macam-macam hiasan unik yang terbuat dari perak.

7. Kebun Binatang Gembira Loka.

Kebun binatang gembira loka atau gembira loka zoo merupakan kebun binatang yang dikembangkan menjadi taman edukasi. Ada berbagai macam binatang disana dari kelompok reptile, amfibi, mamalia dan masih banyak lagi. Disepanjang jalan jalurnya terdapat area spot yang indah untuk berfoto ria.

Di gembira loka zoo ini juga menyediakan arena untuk bermain, ada sepeda air, perahu senggol, speed boat, skute air, banana orca, kolam tangkap, terapi ikan dan lain sebagainya. Yang unik juga ada disini, karena kita bisa berfoto bersama koleksi hewan seperti iguana dan ular dengan bayaran seikhlasnya saja.

8. Pantai Parangtritis.

Pantai parangtritis merupakan tempat yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Hal ini karena di pantai ini kamu dapat menikamti pemandangan indah yang belum tentu kamu temukan di pantai lain. Di sepanjang jalan banyak penjual es kelapa muda, selain itu kamu juga bisa berkeliling pantai menaiki ATV atau andong.

Pantai parangtritis berdampingan dengan beberapa pantai seperti pantai Depok, Parang endog, Parangkusumo, pantai Samas dan pantai lainnya.

9. Keraton Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta atau secara resminya bernama Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini merupakan tempat bersejaran dikota Yogyakarta. Ditempat ini kamu dapat melihat secara langsung arsitektur keraton Yogyakarta yang sangat megah.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat melihat banyaknya benda-benda pusaka peninggalan raja-raja terdahulu. Keraton Yogyakarta merupakan salah satu tempat yang banyak diminati oleh para wisatawan. Baik wisatawan lokal dan juga wisatawan asing.

10. Malioboro.

Tentu dari kamu sudah tak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini, sebab malioboro ini sudah sangat dikenal oleh semua orang. Jalan malioboro berada disebelah utara keraton Yogyakarta, yang berawal dari tugu Yogyakarta ke arah selatan hingga perempatan kantor pos. Jalan malioboro di bagi menjadi 3 yaitu jalan Margo utomo, Malioboro dan Margo mulyo, yang unik dari jalan maloboro ini karena saat dihubungkan antara tugu yogya,malioboro dan keraton Yogyakarta akan terbentuk suatu garis yang lurus. Dan menariknya lagi, disepanjang jalan ini, kamu akan melihat banyaknya penjual cinderamata seperti kaos, batik, sandal, jaket, tas, keris dan lain sebagainya.

Berbicara tempat wisata di kota Yogyakarta memang tidak akan ada habisnya. Karena disini memang begitu banyak tempat-tempat yang wajib kamu kunjungi dan kamu abadikan sebagai  momen yang tidak akan pernah terlupakan.